My Easters Day


Jumat Agung,
Berhubung liburan Paskah, keluargaku di sini juga libur. Adik cowok si Ibu dari Koeln dateng juga ke sini.
Trus kita memutuskan untuk jalan-jalan ke desa..dan nyari gereja di sana. St.Peter nama desanya. Yah..20
menit lah dari rumah. Gerejana bergaya Barok gitu..bagus banget…Sayang yang menikmati misa hanya
diriku. Tapi Jumat Agung kok misanya ga lama ya di sini? cuma 1jam…Ga ada cium salib. Yang ada satu
salib besar, ditarug di depan altar. Lalu umat yang bawa bung maju antri buat naruh bunga itu di depan
salib sebagai lambang duka cita. It’s different..but it’s nice…^^
Belum lagi pemandangan di desa tu..bagus banget..masih ada salju lagi…padahal di Freiburg sudah
panas…nanti deh aku upload yah foto2 dari St.Peter..^^
Malam Paskah.
Ni juga something new buat aku. Sepi siy..ga ada keluarga yang ke gereja..lagi-lagi harus sendiri..Malam
Paskah dimulai dengan semua umat berkumpul di luar gereja, mengelilingi api unggun. Lilin Paskah
dinyalakan dari api unggun itu. Terus baru deh masuk ke gereja. dan sama sekali ga pake lampu, cuma
lilin doank sampe persembahan. Untungnya niy lilin yang dipake bukan lilin yang gampang netes2 kaya di
Indo..hahaha…
Misa malam Paskah 2.5jam…dari jam 9 malam..huff..lama juga…7 bacaan..bahasa Jerman..ampun
dah..hampir menyerah aku malam itu..Tapi akhirnya bisa juga bertahan sampe akhir misa. Trus pulang
misa, di luar gereja ada yang jual roti paskah..hah aneh2 aja..tetep aja di sini paskah juga bagus tapi ga se
hangat di Indo. Di sini cuma (lagi2) sebuah tradisi. Cuma hiasan kelinci dan telur Paskah aja yang
semarak..^^ At least that what I felt.^^
So..di sini juga ada Senin Paskah…libur nasional..tapi aku ga ngerti..apa ya makna senin Paskah tu?
adakah yang bisa menjelaskan padaku? …^^
Gruesse,
Tha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s